Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget! - Seputar Tekno

Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget!

Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget!
Thursday, September 19, 2019

Gadget jadi senjata ampuh para orangtua untuk membuat anak jadi tenang sekaligus betah dirumah. Tak dapat dipungkiri, gadget dapat membuat anak jadi lebih pintar. Anak-anak kini belajar bahasa, bentuk, lagu, hitungan dan banyak hal lain dari aplikasi yang ada di gadget. Untuk anak sekolah pun, pilihan yang tersedia untuk sarana belajar anak lebih bervariasi.

Sayangnya, terlalu sering bermain alat canggih ini dapat menyebabkan anak kecanduan gadget. Padahal kecanduan akut terhadap gadget pada anak-anak dapat merusak kesehatan mereka, baik fisik maupun mental. Efek merusaknya dalam beberapa hal bisa sama seperti kecanduan alkohol atau NARKOBA.

Namun bukan berarti anak harus dihindari sepenuhnya dari gadget. Bagaimanapun teknologi tetap memiliki peran dalam membantu perkembangan anak, asalkan kita tahu batasannya.

Lantas bagaimana ciri-ciri anak yang kecanduan gadget?
Berikut ciri-ciri anak yang kecanduan gadget:
  • Waktu bermain cukup lama, diatas 6 jam
  • Terobsesi. Anak akan marah, sedih, atau frustasi kalau tidak bermain. Saat orangtua menolak meminjamkan gadget, anak bisa naik pitam. Demikian juga, bila orangtua hendak mengambil gadget yang sedang dalam genggaman anak.
  • Enggan bersosialisai, anak lebih sibuk dengan gadget-nya.
  • Menolak melakukan rutinitas sehari-hari dan lebih memilih bermain gadget. Seperti tidak mau disuruh mandi atau tidur.
  • Lalai mengerjakan tugas sekolah. Berbagai pekerjaan rumah dibiarkan menumpuk tanpa tersentuh.
  • Pola tidur terganggu. Ini karena anak senang bermain sampai larut malam.
Tips mengatasi anak yang kecanduan gadget:

1. Jadi contoh yang baik


Anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika Anda terlihat sering bermain gadget, anak pasti akan mengikuti kebiasaan Anda ini. Jika Anda ingin mengurangi waktu bermain gadget pada anak, maka Anda sendiri juga mampu mengatur waktu untuk mengurangi waktu bermain gadget secara bijak.

Jangan sampai Anda melarang anak untuk bermain gadget, tapi Anda sendiri masih menempel pada gadget. Larangan Anda tentu tidak akan membuahkan hasil.

2. Membatasi Penggunaan Gadget


Selain itu, mengatasi kecanduan gadget pada anak juga bisa dilakukan dengan membatasi penggunaannya. Usahakan untuk membatasi penggunaan gadget ke anak. Tetapkan jadwal kapan anak boleh bermain gadget dan kapan anak harus menyimpan gadgetnya.

Mintalah gadget dari anak agar ia tidak bisa memainkan gadgetnya kapan pun ia mau. Dengan begini anak juga akan lebih disiplin dan tahu kapan harus belajar dan kapan bisa menggunakan gadgetnya.

3. Bersikap Tegas



Kecanduan gadget yang membuat anak mengeluarkan emosi dengan cara mengamuk, marah, menangis kencang, hingga membanting barang-barang memang sulit dihadap. Ingat, Anda harus tegas untuk menerapkan peraturan yang baru Anda buat untuk membatasi waktu main gadget. Jangan sampai Anda kasihan dengan rengekan anak yang ingin terus bermain gadget.

Anak butuh waktu untuk terlepas dari gadget, jadi mengurangi waktu bermain gadget pada anak tidak boleh secara mendadak. Tapi, lakukan secara perlahan.

4. Perbanyak Aktivitas Anak di Luar Rumah dengan Teman Sebaya



Boleh jadi anak bermain gadget karena tidak ada aktivitas menyenangkan dengan teman-teman sebayanya.

Untuk itu, ajak anak untuk bergaul dengan teman sebayanya. Bisa dengan mengundang teman-temannya ke rumah atau ajak ia berkunjung ke rumah salah satu sobatnya disekolah.

Dengan banyak teman, ia akan sibuk dengan teman-temannya itu. Dorong mereka untuk aktif seperti bermain bola, petak umpet dan sebagainya.

Sekian dari saya, semoga tips ini bermanfaat :)
Please write your comments