Karakteristik dan Kategori Ragam Dialog IMK - Seputar Tekno

Karakteristik dan Kategori Ragam Dialog IMK

Karakteristik dan Kategori Ragam Dialog IMK
Sunday, November 3, 2019

Ragam dialog (Dialoque Style) merupakan cara pengorganisasian berbagai teknik dialog interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara manusia dengan komputer. Tujuan perancangan antarmuka dengan berbagai dialog pada dasarnya adalah untuk mendapatkan satu kriteria yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah program aplikasi, yakni aspek ramah dengan pengguna (user friendly).

Karakteristik Ragam Dialog

  1. Inisiatif, merupakan sifat dasar dari sembarang dialog, karena inisiatif akan menentukan keseluruhan ragam komunikasi sehingga dapat menentukan tipe-tipe pengguna yang akan dituju oleh sistem yang akan dibangun.Dua jenis inisiatif yang paling sering digunakan adalah inisiatif oleh komputer dan pengguna.
  2. Keluwesan, Sistem komputer harus menyesuaikan diri dengan keadaan pengguna, misalnya member kesempatan user untuk costumizing sistem.
  3. Kompleksitas, Sistem yang dibuat sesuai dengan yang diperlukan.
  4. Kekuatan, Sistem dapat dimasuki beberapa data banyak.
  5. Beban Informasi, Penyampaian informasi dalam dialog yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  6. Konsistensi, Sistem yang konsisten akan mendorong pengembangan mentalitas dengan memberikan petunjuk kepada pengguna untuk mengekstrapolasi pengetahuan yang ia miliki untuk memahami perintah yang baru lengkap dengan pilihan yang ada
  7. Umpan balik, Setiap aksi dari user harus menghasilkan suatu respon yang dapat diterima dengan baik oleh user. Instruksi atau perintah harus menghasilkan suatu perubahan yang nampak pada interface, misal: ‘mail has been sent’ saat merespon ‘Send’ dan menunjukkan suatu perubahan status objek yang merupakan refleksi perintah user.
  8. Observabilitas, Sistem berfungsi secara benar dan nampak sederhana meskipun sebenarnya pengolahan internalnya sangat rumit.
  9. Kontrolabilitas, Sistem selalu berada di bawah kontrol pengguna.
  10. Efisiensi, dalam sistem komputer yang melibatkan unjuk kerja manusia dan komputer secara bersama-sama adalah hasil yang diperoleh dari kerjasama antara manusia dan komputer.

Kategori Ragam Dialog

1.Dialog berbasis perintah tunggal (command line dialogue)

Merupakan ragam dialog yang paling konvensional. perintah-perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai dan berada dalam suatu domain yang disebut bahasa perintah command language. Bahasa perintah harus dirancang sedemikian rupa sehingga mereka mempunyai sifat alamiah, yakni mudah dipelajari dan diingat oleh kebanyakan pengguna. Meskipun bersifat buatan, bahasa buatan ini tetap mempunyai struktur leksikal sintaksis dan semantik tertentu.

2. Dialog berbasis bahasa pemrograman

Dialog berbasis bahasa pemrograman ialah ragam dialog yang kemungkinan user untuk memerintahkan beberapa jumlah perintah kedalam suatu database/berkas yang disebut dengan batch file.

Bach file ia;ah file text yang berisi beberapa perintah dasar yang ada pada sistem operasi windows

3. Antarmuka berbasis bahasa alami

Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah.

Contoh Antarmuka berbasis bahasa alami:
Cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3,0

Contoh …
Bahasa diatas kemudian diterjemahkan ke dalam instruksi yang ekuivalen dengan dbase atau foxpro, sebagai :
DISPLAY ALL FOR IPSEM > 3.0
Atau dalam dialek Turbo Pascal
while not eof (T) do
begin
readln(T,S) ;
if S.IpSem > 3.0 then
writeln(S.NamaMahasiswa);
End;

4. Manipulasi langsung

karakteristik yang sangat penting dari ragam dialog ini adalah adanya penyajian langsung suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan diker!akan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan yang muncul dilayar.
Atau dalam kata lain manipulasi langsung adalah aplikasi yang sudah jadi.

5. Sistem Menu

Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
Sistem Menu terbagi menjadi 2 yaitu :

Sistem Menu Datar
– Selektor pilihan
– Penggunaan Tanda terang (highlight marker)

Sistem Menu Tarik (Pulldown)

6. Dialog Berbasis Pengisian Borang

Dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari ke dalam sistem komputer.

7. Dialog Berbasis Ikon

memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda dari kehidupan kita sehari-hari untuk memberitahukan pengguna akan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi.

8. Sistem Penjendelaan (Windowing system)

Sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.

9. Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis

Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.
Contoh : Pada saat microsoft word, kursor akan mendekati suatu icon yang akan muncul pada sebuah pesan yang akan menunjukkan sebuah arti icon itu sendiri.
Please write your comments