Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux - Seputar Tekno

Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux

Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux
Sunday, September 22, 2019

Linux dan Windows sebenarnya sama-sama merupakan suatu sistem operasi komputer. Hanya saja linux merupakan sistem operasi terbuka (open source) yang berarti sistem ini gratis dan bisa dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan Windows adalah sistem operasi tertutup (komersial) yang berarti pada sistem ini kita harus membeli lisensi dari perusahaan yang membuatnya (microsoft) jika kita ingin menggunakannya, dan juga sistem ini tidak bisa dikembangkan oleh pihak lain.

Karena Linux dapat dikembangkan oleh banyak orang karena sifat open sourcenya itu, maka Linux mempunyai banyak macam. Macam-macam itu disebut "Distro". Alasannya karena pengembangannya tidak dilakukan oleh satu orang atau perusahaan melainkan oleh banyak orang. Di Windows pun juga begitu sama-sama memiliki banyak macam, tapi macam-macam itu disebut "versi" karena pengembangannya hanya dilakukan oleh satu persusahaan saja yaitu Microsoft.

Berikut Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux:

1. Dari Segi Harga


Windows
Windows merupakan OS yang populer dan bahkan yang anda pakai sekarang ini untuk melihat artikel ini. Seperti yang anda ketahui, sudah banyak versi bajakan dari Window. Itu dikarenakan harga Windows yang mahal, bahkan bisa mencapai 4 Juta hanya untuk OS asli, sehingga menjadikan Windows menjadi OS yang mahal untuk dibeli tetapi mudah unuk didownload.

Linux
Sangat berbeda seperti Windows, Linux merupakan OS yang bersifat Open Source atau dapat dkembangkan oleh siapa saja. Sehingga Linux daat diwonload secara gratis tanpa menguras domet seperak pun. Para developernya juga bisa mengembangkan OS Linux ini tanpa rasa takut terkena sanksi hak cipta.

2. Ketahanan Virus

Windows
Ketahanan sistem operasi Windows sedikit lemah, karena mudah sekali terserang virus. Dan lebih membahayakan lagi karena virus tersebut mudah menyebar bahkan dapat merusak perangkat keras komputer Anda jika di biarkan terlalu lama. Serta tidak menutup kemungkinan jika komputer Anda mudah di retas oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab.

Linux
Ketahanan sistem operasi Linux lebih kuat. Bukan karena tdak akan terserang virus, sistem operasi Linux pun bisa terkena virus hanya saja virus tersebut mampu dikendalikan agar tidak mudah menyebar.

3. Dari Segi Tampilan

Windows
Windows pada umumnya sangat unggul dalam segi grafis dan tampilan. Oleh karen itu, game bergrafis tinggi banyak dikembangkan untuk OS Windows. Windows memliki tampilan yang sangat bagus dan tampilan yang mudah dimengerti oleh penggunanya. Sehingga, dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Menjadikan OS ini banyak dipakai oleh kebanyakan orang.

Linux
Tampilan pada Linux tidak berbeda jauh dengan tampilan pada Windows. Tampilan pada Linux juga sangat mudah untuk dimengerti oleh penggunanya. Tetapi, Linux tidak unggul dalam segi grafis dan masih banyak coding yang dipakai untuk menggunakannya dengan benar. Ubuntu (salah satu kembangan dari Linux) tampilannya sangat mirip dengan Windows dan berbeda dengan Linux sebelum dikembangkan.

4. Dari segi Program Aplikasi

Windows
Unggul untuk aplikasi Office-nya. Diakui bahwa Microsoft Office termasuk tool yang sangat enak untuk bekerja di PC seperti menyiapkan presentasi, tulisan, laporan, agenda dll.

Linux
Unggul dalam aplikasi Webserver, proxy server, firewall, mail server, samba dll. Pada aplikasi server umumnya X-Windows tidak lagi digunakan di Linux, oleh karena itu Linux biasanya lebih hemat resources (memory & harddisk) dibandingkan Windows. Sementara komunitas Linux juga berusaha keras untuk mengejar ketinggalannya dalam aplikasi Office-nya dengan mengembangkan StarOffice yang dimotori oleh Sun Microsystem hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Hal ini bisa terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.

Demikian sedikit perbedaan sistem operasi Windows dan sistem operasi Linux. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan mengisi di kolom komentar.
Sekian dari saya, Semoga bemanfaat...😎
Please write your comments