Analisis & Perancangan Sistem (APSI) - Seputar Tekno

Analisis & Perancangan Sistem (APSI)

Analisis & Perancangan Sistem (APSI)
Thursday, November 7, 2019

Sistem Analisis didefinisikan sebagaimana memahami dan menspesifikasi dengan detail apa yang harus di lakukan oleh sistem. Sementara sistem desain di artikan sebagai menjelaskan dengan detail bagaimana bagian-bagian dari sistem informasi di implementasikan. demikian Dengan analisis dan desain sistem informasi (ANSI) bisa di defenisikan sebagai proses organisasional kompleks di mana sistem informasi berbasis komputer di implementasikan.

Sistem analisis adalah profesi yang menantang karena menggabungkan banyak keahlian seperti keahlian analisis,teknis,interpersonal,dan manajerial. Hal ini bisa di lihat dari tanggung jawab seorang analis berdasarkan pendekatan ANSI yang meliputi:

a. Bagaimana membangun sistem informasi
b. Bagaimana menganalisis kebutuhan diri sistem informasi
c. Bagaimana membuat sistem informasi berbasis komputer
d. Bagaimana memecahkan masalah dalam organisasi melalui sistem informasi


Beberapa ahli membagi proses-proses pengembangan sistem ke dalam sejumlah urutan yang berbeda-beda. Tetapi semuanya akan mengacu pada proses-proses standar berikut:
a. Analisis
b. Desain
c. Implementasi
d. Pemeliharaan

Pada perkembangannya,proses-proses standar tadi di tuangkan dalam satu metode yang di kenal dengan nama Systems Development Lifle Cycle (SDLC) yang merupakan metodologi umum dalam pengembangan sistem yang menandai kemajuan usaha analisis dan desain. SDLC meliputi fase-fase sebagai berikut:
1. Identifikasi dan seleksi proyek
2. Inisiasi dan perencangan proyek
3. Analisis
4. Desain
a. Desain Logical
b. Desain fisical
5. Implementasi
6. Pemeliharaan

IDENTIFIKASI DAN SELEKSI PROYEK
Merupakan langkah pertama dalam SDLC keseluruhan informasi yang di butuhkan oleh sistem : identifikasi,analisis,prioritas,dan susun ulang. Dalam tahapan ini ada beberapa hal yang harus di lakukan,di antaranya:
1. Mengidentifikasi proyek-proyek yang potensial
2. Melakukan klafikasi dan meranking proyek
3. Memilih proyek untuk di kembangkan

INISIASI DAN PERENCANAAN PROYEK
Pada tahap ini di lakukan secara detail rencana kerja yang harus di kerjakan,durasi yang di perlukan masing-masing tahap,sumber daya manusia,perangkat lunak,perangkat keras,maupun finansial diestimasi. Biasanya hal-hal tadi di tuangkan dalam jadwal pelaksanaan proyek. pembikinan rencana ini bukan langka mudah karena untuk mengentimasi beban kerja dan durasi dari masing-masing tahap di butuhkan pengalaman yang cukup banyak. Kesalahan pada tahap ini akan mengakibatkan keuntungan yang di peroleh tidak maksimal, bahkan bisa rugi.

TAHAPAN ANALISIS
Tahapan analisis merupakan suatu tahapan di mana sistem yang sedang akan berjalan di pelajari dan sistem pengganti di usulkan. Dalam tahapan ini di deskripsikan sistem yang sedang berjalan,masalah dan kesempaatan di defenisikan, dan rekomendasi umum bagaimana memprbaiki, meningkatkan atau mengganti sistem yang sedang berjalan di ususlkan. target utama dari fase analisis adalah untuk memahami dan mendokumentasikan kebetuhan bisnis,dan persyaratan proses dri sistem baru. Ada enam aktifitas utama dalam fase ini:
1. Pengumpulan informasi
2. Mendefenisiskan sistem requirement
3. Memprioritaskan kebutuhan
4. Menyususn dan mengevaluasi alternatif
5. Mengulas kebutuhan dengan pihak manajemen

TAHAPAN DESAIN
Tahapan desain sistem dapat di bagi menjadi dua tahap,yaitu:
1. Desain Logis
2. Desain Fisik

Pada tahapan desain,ada beberapa aktifitas utama yang di lakukan yaitu:

a. Merancaang dan mengintegrasikan
b. Merancang arsitektur aplikasi
c. Mendesain antar muka pengguna
d. Mendesain sistem antar muka
e. Mendesain dan mengintegrasikan database
f. Membuat prototype untuk detail dari desain
g. Mendesain mengintregasikan kendali sistem

IMPLEMENTASI
Pada tahapn kelima SDLC ini terdapat beberapa hal yang perlu di lakukan yaitu:
1. Testing
2. Instalasi
Output dari tahapan ini adalah: source code yang error free, produser pelatihan,dan buku panduan.

PEMELIHARAAN
Pembaharuan yang di lakukan tingkatannya bisa sangat variatif,mulai dari perbaiki program yang crash hingga berfungsi kembali sampai pada penambahan modul-modul program yang baru sebagai jawaban atas perubahan kebutuhan pengguna.


Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli
Pengertian Energi & Bentuk-Bentuk Energi (LENGKAP)
KELEMAHAN DARI SDLC TRADISIONAL
Ada beberapa kelemahan sebagai akibat dari langkah-langkah sekuensial ini,di antaranya:
1. Terlalu boros,baik dari segi biaya maupun waktu,saat terjadi perubahan saat sistem sudah di kembangkan. masalah ini di sebabkan perubahan pada satu tahap akan berakibat akan berakibat pada tahap berikutnya.
2. SDLC merupakan metode dengan pendekatan terstruktur yang mensyaratkan mengikuti semua langka yang ada.

METODE PENGEMBANGAN EVOLUSIONER
Ada beberapa kelebihan metode evolusioner jika di bandingkan dengan SDLC. Metode evolusioner lebih ringkas dari ikatan SDLC dalam menghasilakan sistem yang memenuhi kebutuhan langsung dari pelanggang. Keuntungan sementara penggun mendapat pemahaman yang lebuh baik dari masalah mereka,sistem perangkat lunak dapat mereflesikan. Adapun kelemahan dari sistem ini antara lain,kurangnya visibilitas proses.

MODEL PENGEMBANGAN BERORIENTASI PEMAKAIAN ULANG(RE- USABLE)
Ada empat fase utama dalam pengembangan re- usable:
1. Analisis komponen. komponen-komponen untuk implementasi spesifikasi tersebut akan di cari.
2. Modifikasi persyaratan. Persyaratan di analisis menggunakan informasi tentang komponen yang di dapat,kemudian di modifikasi untuk mereflesikan komponen yang ada.
3. Perancangan sistem dengan pemakaian ulang.

PROTOTYPING
Prototyping adalah proses iteratif dalam pengembngan sistem dimana kebutuhan diubah ke dalam sistem yang bekerja (working sistem) yang secara terus menerus di perbaiki melalui kerja sama antara pengguna dan analis. Prototyping merupakan bentuk dari Rapid Application Development (RAD). RAD memiliki beberapa kelemahan dan keuntungan.

OBJECT ORENTED ANALYSIS AND DESIGN (OOAD)
Pendekatan yang terahir adalah pendekatan berbasis objek. Seiring dengan kemajuan tren pemograman berbasis objek maka analisis dan desain sistem juga bisa menggunakan konsep objek. Pendekatan baru untuk sistem ini sering di sebut sebagai pendekatan ketiga, setelah pendekatan yang berorentasi data dan berorentasi proes. OAD adalah metode pengembangan sistem yang lebih menekankan objek di bandingkan dengan data atau proses. Ada beberapa ciri khas dari pendekatan ini, yaitu object dan object class.

TEKNOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM
Pada desain sistem banyak di dukung oleh penggunaan perangkat lunak dan teknologi baru. Tujuan penggunaan perangkat lunak untuk analisis memiliki beberapa tujuan:
a. Meningkatkan produktifitas
b. Berkomunikasi lebih efektif dengan penggunanya
c. Mengintegrasikan suatu pekerjaan yang telah di laksanakan dari awal pengembangan sampai akhir.

Kesimpulan
Sistem yang benar di hasilkan dari pengembangan sistem dengan metode yang terstandardisasi. Salah satunya adalah system Development Life Cycle(SDLC)

Langkah-langkah dalam SDLC terdiri dari analisis,desain,pengujian,dan pemeliharaan.
SDLD mempunyai kelemahan,antara lain biaya dan waktu yang tinggi, dan memiliki metode yang tidak fleksibel karena keseluruhan langka harus di ikuti.

Beberapa pengembangan sistem di perkenalkan untuk mengatasi kelemahan pada metode SDLC. Masing-masing pendektan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Metode re-usable misalnya,sangat cocok untuk pengembangan sistem yang similar. Sementara prototypng sangat tepat untuk pengembangan sistem dengan durasi proyek yang sangat pendek. Kepada mengetahui beberapa pendekatan ini kita bisa memiliki metode yang paling tepat untuk mengembangkan sistem sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Beberapa tool seperti CASE juga bisa di gunakan untuk memprermudah pengembangan sistem informasi yang kita lakukan.

1 comment

  1. Nice Kak infonya, sangat membantu. Sukses dan sehat selalu kak..
    Perkenalkan juga saya Denny Gunawan mahasiswa ISB Atma Luhur..
    ISB Atma Luhur

    ReplyDelete