Tips Mempercepat atau Optimalisasi Windows 10 yang Lemot di PC/LAPTOP DIJAMIN LANCAR - Seputar Tekno

Tips Mempercepat atau Optimalisasi Windows 10 yang Lemot di PC/LAPTOP DIJAMIN LANCAR

Tips Mempercepat atau Optimalisasi Windows 10 yang Lemot di PC/LAPTOP DIJAMIN LANCAR
Thursday, September 12, 2019

Windows 10 adalah sistem operasi yang saat ini digunakan pada banyak pengguna PC. Jika telah memperbaharuinya, kamu pasti sudah merasakan kualitas performa sistem operasi besutan Microsoft ini. Tapi, pernahkan kamu mengalami perangkat menjadi lebih lemot secara tiba-tiba? Jika iya, kamu tidak sendirian bila mengalami masalah seperti ini.
Untuk membuat performa PC Windows 10 berjalan lebih cepat, SeputarTekno tahu caranya! Silahkan mencoba tips ini dan lihat sendiri kalau performanya akan menjadi lebih cepat! Sebelum memasuki cara yang pertama siapkan kopi dan sebatang rokok agar lebih mantul😅😅😅
oke langsung saja...
Mempercepat Prosessor
Windows memiliki tiga pengaturan standar untuk pengaturan daya prosesor, yaitu Balanced, High Performance, dan Power Saver. Jika kamu menggunakan Power Saver di Windows 10, maka hal ini dapat memperlambat PC. Mengubahnya dari Power Saver menjadi High Performance atau Balance justru dapat membuat Windows menjadi lebih cepat.
Untuk mengubahnya, masuklah ke Control Panel, lalu pilih Hardware and Sound dan klik Power Options. Kamu nantinya akan melihat dua pilihan, yaitu Balanced (recommended) dan Power Saver. Untuk melihat setting High Performance, klik tanda panah Show Additional Plans.
Menonaktifkan penggunaan shadow, animasi, dan efek khusus yang tak penting
Windows 10 memiliki tampilan yang lebih bagus dibandingkan seri Windows sebelumnya. Masalahnya, penggunaan banyak visual efek dapat mempengaruhi kinerja sistem, terutama bagi kamu yang menggunakan PC seri lama dengan spesifikasi biasa-biasa saja. Maka itu, kamu harus meminimalisir penggunaannya dengan cara:

Di windows explorer, klik kanan pada”computer / This PC” klik ”properties” kemudian klik ”advance system setting” pada bagian performance klik tombol “setting” sehingga muncul jendela performance option klik “adjust for best performance” lalu klik “ok”.

Selanjutnya agan search "Adjust Clear Type Text" dan klik. Lalu centang pada "Turn on ClearType" dan klik "Next" sampai selesai.


Dan pada tahap akhir, agan masuk file explorer lalu pilih tab view, pilih option, pilih view lagi dan yang terakhir pilih "restore default".

Defrag HDD anda
Defragmentasi adalah proses merapikan file yang mengalami "fragmentasi", atau terpecah di dalam hardisk. Sebuah file dikatakan terfragmentasi kalau penaruhan file itu saling berjauhan dengan lainnya. Fragmentasi dapat menyebabkan lambatnya sistem membaca data Dengan kata lain komputer menjadi lemot.
Dengan defragmentasi, file-file tersebut akan dirapikan ulang agar mudah dibaca oleh sistem, sehingga komputer lebih cepat.
Secara default Windows sudah menjadwalkan defrag sebagai maintance mingguan. Tapi, agan bisa melakukannya secara manual.

    1. Buka Windows Explore
    2. Klik kanan pada Drive yang ingin anda defrag > Properties
    3. Klik tab "Tools", klik "Optimize"
    4. Sebelumnya kita analisa dahulu seberapa banyak file yang terfragmentasi 
    5. Pilih drive yang ingin di analisa. Klik "Analyze".
    6. Selesai analisa, akan muncul jumlah persentasi file yang terfragmentasi, saran saya lakukan defrag diatas 10%.
    7. Bila ingin defrag, Klik "Optimize".

    Sekian dari saya, Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu dirimu dalam menggunakan dan menkmati Windows 10.

    Selamat Mencoba!!!

    Please write your comments