Pengertian, Jenis, dan Cara Pencegahan CyberCrime atau Kejahatan Dunia Maya - Seputar Tekno

Pengertian, Jenis, dan Cara Pencegahan CyberCrime atau Kejahatan Dunia Maya

Pengertian, Jenis, dan Cara Pencegahan CyberCrime atau Kejahatan Dunia Maya
Thursday, October 3, 2019

Pengertian CyberCrime

CyberCrime atau Kejahatan dunia maya adalah bentuk tidak kejahatan yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer, internet atau perangkat digital lainnya sebagai alat, sasaran, tempat atau penggunaanya.

Secara teknik tindak pidana tersebut dapat dibedakan menjadi off-line crime, semi on-line crime, CyberCrime. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri, namun perbedaan utama antara ketiganya adalah keterhubungan dengan jaringan informasi publik (internet).

CyberCrime bisa dilakukan oleh orang yang menguasai bidang teknologi. CyberCrime bisa dilakukan dimana saja sesuai dengan keinginan pelaku. Pelaku CyberCrime bisa disebut dengan Hacker. Hacker akan menyerang sistem komputer untuk melancarkan usahanya untuk melakukan kejahatan dalam dunia maya. Hacker bisa saja mencuri data pribadi anda dan melakukan pembobolan kredit. Banyak jenis kejahatan CyberCrime yang bisa dilakukan oleh sang Hacker.

Jenis-Jenis CyberCrime

1. Unauthorized Access / Akses Ilegal
Mencoba masuk atau membuka sebuah akun milik orang lain dengan sengaja dan tanpa izin merupakan salah satu tindakan kejahatan dunia maya. Akun yang telah diretas oleh pelaku sangat mungkin membuat sang pemilik mengalami sebuah kerugian, seperti pemilik akun yang bisa kehilangan data penting atau pelaku yang menggunakan aksi kejahatan melalui media akun tersebut.

2. Ilegal Contents / Menyebarkan Konten Ilegal
Konten ilegal merupakan sebuah konten yang berisi informasi yang tidak etis, berbau kebohongan, ataupun melanggar hukum. Konten ilegal ini mulai banyak disebarkan di internet, sebut saja berita HOAX, dan juga konten-konten pornografi.

3. Cyber Espionage, Sabotage, dan Extortion
Cyber Espionage merupakan sebuah kejahatan dengan cara memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain dengan memasuki sistem jaringan komputer ihak sasaran. Sabotage and Extortion merupakan jenis kejahatan yang dilakukan membuat gangguan perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet yang berbeda tentunya dengan tindak pidana korupsi.

4. Hacking dan Cracking
Sebenarnya hacking mengacu pada kegiatan mempelajari sistem komputer secara mendetal dan meningkatkan kemampuan konpter. Namun, banyak hacker yang menyalah gunakan kemampuannya dengan melakukan kejahatan  di dunia maya.

Sedangkan cracking adalah tindakan pembajakan terhadap hak milik orang lain. Misalnya, pembajakan akun, pembajakan situs website, penyebaran virus, probing, dan lainnya.

5. Penyalahgunaan Kartu Kredit (Carding)
Carding adalah bentuk kejahatan di dunia maya dimana pelakunya berbelanja dengan menggunkanan nomor dan identitas kartu kredit milik orang lain. Praktik carding ini sangat merugikan para pemilik kartu kredit yang dicuri datanya. Itulah sebabnya saat ini semua negara sangat ketat dalam mengawasi transaksi kartu kredit, terutama yang melibatkan transaksi luar negeri.

Cara Mencegah CyberCrime

Seseorang yang ahli terhadap sistem komputer dan juga aplikasinya terkadang tidak memanfaatkan keahliannya tersebut untuk sesuatu yang positif. Kejahatan dunia maya atau CyberCrime sering dilakukan oleh mereka yang ahli terhadap sistem operasi komputer dan aplikasinya. Selama ini CyberCrime terbukti merugikan banyak pihak, bahkan kerugian materiil yang tidak sedikit sering kita jumpai dalam kasus CyberCrime tersebut. Karena itulah, kejahatan semacam ini perlu dicegah. Adapun beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mencegah CyberCrime adalah:

1. Gunakan Security Software yang selalu Diperparui
Pastikan Anda memiliki security software yang sealu up to date. Hal tersebut akan memberikan bantuan untuk melakukan pendefinisian terhadap ancaman CyberCrime atau berbagai jenis virus yang belum didefinisi pada versi sebelumnya. Hal tersebut akan sangat penting dan mutlak untuk Anda lakukan, terutama bagi Anad yang sering berselancar di dunia maya/internet.

2. Lindungilah Komputer Anda
Untuk melindungi komputer yang Anda gunakan setiap hari, setidaknya Anda harus menggunakan tiga program aplikasi, yaitu antivirus, antispyware, dan juga firewall. Anti virus memiliki peran utama untuk mencegah berbagai jenis virus yang makin beraneka ragam kedalam sistem operasi komputer Anda. Antispyware berguna untuk melindungi data Anda agar tidak dirusak atau diganggu oleh orang lain ketika Anda sedang melakukan koneksi dengan internet. Sebagai tambahan informasi, spyware merupakan program yang secara diam-diam masuk ke dalam komputer Anda dan melakukan pengrusakan atau mengambil data Anda.

3. Buatlah Password yang Sulit
Pastikan Anda menggunakan jenis password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain, bahkan oleh orang terdekat Anda. Kombinasi antara huruf kecil, huruf besar, dan juga angka bisa Anda aplikasikan sebagai password. Kata sandi atau password tersebut tergolong kuat dan relatif aman karena tidak mudah ditebak oleh orang lain.

4. Jangan Sembarangan Mengklik Link yang ada di Dunia Maya
Saat Anda berselancar di dunia maya, tidak jarang kita akan menemukan berbagai jenis link yang menarik untuk dilihat. Link tersebut bisa saja berupa iklan atau kuesioner yang menarik bagi kita untuk membukanya. Namun, link semacam itu bisa jadi adalah tindakan CyberCrime yang diakukan oleh orang lain atau bahkan orang terdekat kita untuk mengganggu atau melakukan perusakan pada data yang kita miliki.

5. Gantilah Password Anda Secara Berkala
Kasus mengenai CyberCrime tergolong sangat tinggi, yaitu 15 kasus per detik. Karena itu, jangan membiarkan password Anda bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun karena akan memungkinkan tindak kejahatan terhadap akun Anda. Untuk menghindari tindakan kejahatan tersebut, gantilah password secara berkala atau secara acak.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai pengertian, jenis-jenis dan cara pencegahan CyberCrime atau kejahatan dunia maya. Semoga dengan mengetahui berbagai bentuk kejahatan di dunia maya, kita bisa menjadi lebih waspada dalam beraktivitas di internet.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat...😎



Please write your comments