Aspek Manusia Dalam IMK - Seputar Tekno

Aspek Manusia Dalam IMK

Aspek Manusia Dalam IMK
Sunday, November 3, 2019

Aspek Manusia adalah salah satu faktor yang sangat menentukan efektivitas suatu sistem. Apabila dalam perancangan suatu sistem kurang matang, maka terdapat kemungkinan sistem tersebut tidak efektif pada waktu dioperasikan. Didalam aspek manusia, terdapat alat input manusia, alat output manusia dan memori. Alat input manusia berupa mata, telinga, hidung, kulit dan lidah. Sedangkan alat output manusia berupa mulut dan gerakan. Adapula memori yang merupakan bagian dari otak.

Model Pengolahan Informasi pada Manusia

Faktor utama yang dominan dalam interaksi manusia dan komputer adalah faktor kognisi.  Pada awal tahun 1970-an paradigma utama dalam psikologi kognisi adalah mencari karakter manusia sebagai pengolah informasi.

Segala sesuatu yang diindera (penglihatan, pendengaran, sentuhan, bau dan rasa) dianggap sebagai informasi yang akan diolah oleh otak.

Manusia dalam IMK dipandang sebagai sistem
pemroses informasi :
• Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran i-o (indera)
• Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
• Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara

Ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut.


Langkah Pengolahan Informasi

  1. Informasi dari lingkungan disandikan ke bentuk representasi internal.
  2. Representasi internal dari rangsangan dibandingkan dengan informasi yang sudah tersimpan di otak.
  3. Membuat keputusan respon apa yang akan dipilih.
  4. Mengeksekusi respon yang telah dipilih dan melakukan tindakan yang diperlukan


Model Pengolahan Manusia 

Dua hal penting yang dapat ditambahkan pada model dasar pengolahan pada manusia adalah pengolahan atas perhatian dan ingatan (memory). Pada model ini kognisi (proses berfikir) dapat dipandang berdasarkan:

  • Bagaimana informasi dirasakan oleh pengolah persepsi
  • Bagaimana perhatian terhadap informasi
  • Bagaimana informasi diproses dan disimpan dalam memori


Model Pengolahan pada Manusia 




Model Sistem Pengolahan pada Manusia dan Komputer





Model Memory


Register sensori, yang menerima informasi dari luar dan akan memegang informasi untuk waktu singkat (dalam seper sepuluhan detik).
Memori jangka pendek, yang menyimpan informasi terbatas untuk periode pendek (beberapa detik).
Memori jangka panjang, yang akan menyimpan informasi dalam jangka yang tidak dapat ditentukan.

Persepsi Visual

Mata masih merupakan indera utama dalam berinteraksi dengan komputer. Mata manusia terutama digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan :
  • gerakan
  • ukuran
  • Bentuk 
  • jarak 
  • warna
Sistem visual pada manusia mampu merasakan obyek dalam kondisi terang sinar matahari dan dalam kegelapan malam. Juga dapat merasakan dan mengikuti obyek yang bergerak dengan cepat (gerakan serangga) dan bergerak dengan cepat (gerakan serangga) dan kejadian yang sekejap kemudian menghilang (seperti petir).Namun juga banyak hal yang tidak dapat dilihat, seperti gerakan peluru, pertumbuhan tanaman, dan sinar infra-merah.

Proses Persepsi

Alat indra menangkap stimuli, lalu stimuli tersebut diubah menjadi sinyal yanga dapat dimengerti oleh otak untuk kemudian diolah. Disinilah terjadi apa yang disebut dengan proses presepsi, yaitu n atau mengerti pesan yang telah diproses oleh system indrawi kita. Ketika mencium wewangian mint, anda mengelami sensasi. Anda menyadari wewangin tersebut sama dengan minyak oles hangat yang sering ibu anda gunakan. Itulah yang dimaksud dengan Presepsi. Singkatnya presepsi adalah proses member makna pada sensasi.

Teori Persepsi Visual

Terdapat dua teori pendekatan yang menjelaskan tentang bagaimana cara manusia melihat suatu obyek:

1.Teori Konstruktif
Asumsi utama pendekatan ini adalah bahwa persepsi melibatkan intervensi dari representasi dan ingatan. Apa yang kita lihat bukanlah merupakan replika atau copy dari dunia seperti citra yang dihasilkan
atau copy dari dunia seperti citra yang dihasilkan kamera. Tetapi sistem visual manusia akan menyusun suatu model dari dunia dengan mentransformasi, memperbaiki, dan membuang informasi.

2.Teori Ekologi
Pendekatan ini berargumen bahwa persepsi adalah proses langsung, yaitu informasi hanya merupakan hasil deteksi retina dan bukan merupakan hasil rekonstruksi.
Perhatian utama adalah memahami apa yang kita kerjakan saat kita merasakan (melihat), dan bukan mencoba untuk memahami bagaimana kita merasakan suatu gambar atau bagaimana kita mengenali suatu obyek.
Please write your comments