Mengenal Tentang Revolusi Industri 4.0 - Seputar Tekno

Mengenal Tentang Revolusi Industri 4.0

Mengenal Tentang Revolusi Industri 4.0
Sunday, September 15, 2019


Pada saat ini kita hidup di era revolusi industri keempat. Dimana kehidupan manusia yang di warnai dengan rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis dan era super komputer. Dan tentunya perubahan ini memiliki dampak terhadap ekonomi, pemerintah, politik, industri dan yang lainnya. Kita telah mengalami revolusi industri sebanyak tiga kali.

Industry 4.0 adalah tren didunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber. Istilah industri 4.0 berasal dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih Pemerintah Jerman yang mengutamakan komputerisasi pabrik.

Pada industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomastisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem siber-fisik, Internet of Things (LoT), cloud coumputing, dan cognitive computing.

Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup. Singkatnya, revolusi industri 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia.

Lantas apakah revolusi industri 4.0 adalah suatu ancaman?
Sebenarnya revolusi ini bisa menjadi ancaman jika kita tidak menanggapinya dengan baik. Misalnya saat Amerika Serikat menggunakan drone untuk melakukan pengeboman di Afganistan, Libya, dan Irak yang tentunya mengakibatkan banyak korban sipil atau saat ISIS melakukan perekrutan anggota untuk melakukan teror, pengeboman, dan propaganda seperti eksekusi tanpa peri kemanusiaan.

Tapi lain halnya jika kita menanggapi revolusi ini dengan baik, sangat banyak masalah-maslah akan terpecahkan. Dengan sistem komputerisasi, arus informasi yang lebih cepat, analisa data yang lebih baik akan mengatasi masalah klasik seperti kelaparan, akses kesehatan yang rendah, soal pengungsi, dan masih banyak lagi.

Keuntungan Revolusi Industri 4.0
Namun dibalik ancaman revolusi industri 4.0, terdapat keuntungan-keuntungan yang kita peroleh. Pada era revolusi ini banyak sekali orang yang menghasilkan uang hanya berada dalam rumah saja  .

Hanya bermodalkan internet saja, kita dapat menghasilkan uang. Sebagai contohnya kita dapat berjualan online, desain, sebagai penulis artikel lepas dan masih banyak hal yang dapat kita lakukan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi sekarang.

Banyak hal yang tak terpikirkan sebelumya, tiba-tiba mncul dan menjadi invosai baru, serta membuka lahan bisnis yang sangat besar. Contoh terdekatnya, muncul transportasi dengan sistem ride-sharing seperti Go-jek dan Grab. Kehadiran revolusi industri 4.0 memang menghadirkan usaha baru, lapangan kerja baru, dan profesi baru yang tak terpikirkan sebelumnya.

Tidak bisa dipungkiri, berbagai aspek kehidupan manusia akan terus berubah seiring dengan revolusi dan perkembangan teknologi yang terjadi. Memang perubahan seringkali diiringi banyak dampak negatif dan menimbulkan masalah-masalah baru. Namun, perubahan juga bisa membawa masyarakat ke arah yang lebih baik.

Simpulnya, revolusi industri 4.0 bukanlah suatu kejadian yang menakutkan, justru membuka peluang yang semakin luas bagi anak bangsa untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Nah, demikian penjelasan singkat dari revolusi industri 4.0
Semoga Bermanfaat...
Please write your comments