Langkah-Langkah Instal Distro LinuxMint menggunkan Virtual Box - Seputar Tekno

Langkah-Langkah Instal Distro LinuxMint menggunkan Virtual Box

Langkah-Langkah Instal Distro LinuxMint menggunkan Virtual Box
Saturday, September 14, 2019

Linux Mint adalah distribusi berbasis Ubuntu yang tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman desktop klasik dengan banyak alat kustom yang nyaman dan dukungan multimedia opsional. Ini juga menambahkan desktop dan menu kustom, beberapa alat konfigurasi unik, dan antarmuka instalasi paket berbasis web. Linux Mint kompatibel dengan repositori perangkat lunak Ubuntu. Nah disini saya akan menjelaskan cara penginstalan distro linux mint menggunakan virtual box.

Berikut langkah - langkahnya:

1.  Jalankan aplikasi virtualbox > pilih new
Name -> isikan nama untuk sistem operasi (bebas diisi apapun)
Type -> pilih linux
2.  Tentukan alokasi RAM yang akan digunakan oleh Linux Mint , minimal beri 2024MB (2GB) lalu klik next
3. Pada proes pembuatan virtual hard disk, ikuti pilihan seperti  gambar dibawah ini


4. Kamu bisa mengatur dimana file  linux mint (dalam format *.vdi) akan diletakan dengan mengklik gambar folder dengan panah hijau keatas. Klik create untuk proes selanjutnya.                                     

Masukan file iso linux mint ke virtual CD/DVD pada aplikasi virtualbox dengan klik pada virtual mesin >settings>storage>empty>klik pada icon cd>pilih linux mint iso image yang telah kamu download sebelumnya.

5. Klik pada menu system > klik pada optical >klik panah keatas sehingga optical berada paling atas > klik OK
6. Klik pada virtual mesin yang ingin kamu jalankan (linux mint) lalu klik start

7. Agar settingan linux mint tidak ke-reset saat virtualbox direstart maka kamu perlu menginstallnya dengan  klik2x “Install Linux Mint”
8. Pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses install  linux mint di virtualbox lalu klik continue

9. Centang pada install 3rd pary app, dan klik continue
10. pada installation type,pilih yang paling atas “erase disk and install linux mint” agar prosesnya mudah
11. Pilih lokasi/timezone dimana kamu tinggal agar jam nya gak ngaco, aku pilih jakarta karena berada di WIB(waktu indonesia Barat)

12. Isikan data yang diperlukan, yang paling penting adalah bagian username dan password (jangan sampai lupa) karena digunakan untuk login ke Linux mint mu, jika kamu lupa tidak ada cara untuk masuk selain install ulang.

13.  Setelah proses installasi selesai, klik restart now
14.  Setelah restart maka virtualbox akan booting dan masuk ke linux mint yang ada di virtual HDD, nah sekarang linux mint mu siap untuk digunakan.  buang centang pada “show this dialog at startup” jika kamu tidak ingin melihatnya lagi setiap masuk linux.
15.  klik pada mirror (main) dan base untuk mengganti server mirror dengan kecepatan terbaik. Setelah semua pilihan server diset,klik Update cache dan close.
16. Terkadang update tidak akan selesai dalam satu langkah, namun perlu dilakukan update beberapa kali hingga list update hilang yang artinya komponen/package linux kita sudah menggunakan versi terbaru

Walaupun Linux Mint berbasiskan Ubuntu tetapi Linux Mint memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan Ubuntu. Linux mint akan tetap selalu menjadi system operasi yang elegant, mudah dipergunakan, update dan 100% gratis. 
Sekian dari saya semoga bermanfaat...

Selamat Mencoba!


















Please write your comments