5 Perbedaan Prosessor MediaTek dan Snapdragon, Mana Lebih Unggul? - Seputar Tekno

5 Perbedaan Prosessor MediaTek dan Snapdragon, Mana Lebih Unggul?

5 Perbedaan Prosessor MediaTek dan Snapdragon, Mana Lebih Unggul?
Saturday, October 12, 2019

Sekarang ini, perkembangan dalam dunia smartphone semakin pesat. Ada banyak tipe smartphone dengan banyak sekali fitur baru yang disematkan di dalamnya. Saat ini kamu bisa memilih banyak sekali smartphone dari berbagai merek smartphone pintar yang ada di pasaran.

Berbicara smartphone tentu saja ada dua hal penting yang bisa mempertimbangkan konsumen yaitu harg dan teknologi hardware/software yang digunakan. Contohnya seperti kapasitas RAM, merk Prosesor, besar kamera hingga OS apa yang digunakan. Tapi, salah satu elemen terpenting pada smartphone adalah Prosesor, otak dibalik kinerja baik atau buruk dalam smartphone.

Sejauh ini ada 5 merk prosesor khusus untuk smartphone yang banyak orang tahu, Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Exynos, Intel Atom & Apple A series. Dari kelima jenis chipset tersebut hanya ada dua yang paling seting kita temui yaitu Qualcomm Snapdragon dan MediaTek. Lantas Lebih unggul mana antara Prosesor MediaTek dan Snapdragon? Disini SeputarTekno akan memberikan perbedaan antara kedua Prosesor tersebut!

Perbedaan MediaTek dan Snapdragon

1. CPU dan GPU di MediaTek dan Snapdragon
Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang pertama adalah Jenis GPUnya. Jika membandingkan MediaTek dan Qualcomm secara langsung dari sudut pandang kinerja, hamir tidak ada perbedaan yang terlhat dalam hal GPU, tetapi perbedaan jelas terlihat pada bagian grafis. Dimana Adreno GPU yang terpasang si semua Snapdragon SoC bekerja sangat baik. Hal ini sangat jelas terlihat di segmen smartphone kelas atas, Perbedaan dalam kinerja GPU secara signifikan kurang terlihat di segmen pasar smartphone mid-range dan low-end.

Qualcomm memproduksi chip grafisnya untuk bekerja dengan prosesor dan komponen lainnya secara lebih baik.

2. Daya tahan baterai MediaTek dan Snapdragon.
Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang kedua adalah daya tahan baterainya. Chipset MediaTek dikenal mengonsumsi daya tinggi sehngga membuat smartphone yang menggunakan MediaTek  akan lebih boros baterai. Saat ini mereka mencoba meningkatkan Prosesor mereka untuk menjadi lebih hemat energi tetapi masih tertinggal di belakang Snapdragon.

3. Performa
Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang ketiga adalah performa. Kinerja prosesor MediaTek dianggap memiliki kinerja yang sangat solid. Inti dari ekstra prosesor yang mereka buat memungkinkan untuk melakukan tugas sistem yang intensif dan berat. Dan prosesor mereka sangat baik dalam melakukan multi-tasking.

Snapdragon bahkan memiliki kinerja yang lebih baik dalam hal multi-tasking, menangani tugas sistem yang lebih rumit dan game yang berat yang secara intensif digunakan.

4. Suhu
Perbedaan MediaTek dan Snapdragon keempat adalah suhunya. Prosesor Snapdragon umumnya tdak cepat panas, dibandingkan dengan MediaTek

5. Harga MediaTek dan Snapdragon
Perbedaan MediaTek dan Snapdragon yang terakhir adalah harga produksinya. SOC MediaTek seringkali lebih murah dibandingkan dengan Qualcomm sehingga smartphone dengan kelas mid-end hingga low-end sangat banyak menggunakan prosesor jens MediaTek.

Kesimpulan

Kesimpulannya bisa dibilang Snapdragon lebih unggul dalam hal baterai dan suhu dibandingkan dengan MediaTek. Tetapi, kinerja yang dihaslikan sebanding. Kemudian untuk harga prosesor Snapdragon jauh lebih mahal. Maka dari itu kebanyakan smartphone kelas mid-end hingga high-end menggunakan prosesor dari Snapdragon sebagai otaknya. Sedangkan MediaTek lebih sering digunakan oleh smartphone kelas low-end.
Please write your comments