Pengertian Cloud Computing, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan serta Penerapannya - Seputar Tekno

Pengertian Cloud Computing, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan serta Penerapannya

Pengertian Cloud Computing, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan serta Penerapannya
Wednesday, October 16, 2019

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing atau Komputasi Awan merupakan sebuah kombinasi pemanfaatan jaringan internet yang mana berfungsi untuk menyimoan berbagai file dalam satu basis data. Pada teknologi ini, data disimpan diserver tertentu, begitupula dengan software atau aplikasi lainnya sehingga memungkinkan satu komputer server untuk membagikannya dengan komputer lainnya yang terhubung.

Hal ini akan menghemat biaya operasional juga menghemat waktu karena tidak memerlukan harddisk berkapasitas besar untuk menyimpan setiap file software. Seperti misalnya data Microsoft Word yang cukup diinstall satu kali pada server lalu bisa digunakan di komputer lainnya tanpa harus repot-repot melakukan penginstalan kembali.

Manfaat Cloud Computing

Dengan peningkatan jumlah pemakaian komputer dan para pengguna seluler, penyimpanan data atau data storage telah menjadi prioritas di hampir segala bidang bisnis. Bisnis skala besar ataupun skala kecil saat ini sangat berkembang dengan data sebagai pusatnya, Mereka biasanya menghabiskan sejumlah besar uang demi mempertahankan data yang berharga tersebut.

Itulah mengapa sangat diperlukan dukungan IT yang kuat dengan pusat penympanan yang berperfoma tinggi. Tidak semua bisnis mampu membayar biaya tinggi infrastruktur IT berjenis in-house. Jadi bagi mereka, Cloud Computing ini menjadi solusi yang bagus karena lebih murah. Mungkin juga ada pertimbangan lain dari perusahaan semacam efisiensi dalam menyimoan data, perhitungan, dan biaya pemeliharaan yang lebih sedikit.

Komputasi awan sebenarnya jadi menurunkan permintaan hardware dan software dari si pengguna. Satu-satunya hal yang harus bisa dijalankan oleh si pengguna adalah browser web. Ini pastinya bisa membantu mengurangi pekerjaan pengguna dengan adanya teknologi jaringan Cloud yang tanggap dan otomatis menyelesaikan masalah-masalah lainnya.

Kelebihan Cloud Computing

  1. Mudah diakses dimana saja
  2. Murah
  3. Fleksibel
  4. Ketersedian Data
  5. Skalabilitas
  6. Aman

Kekurangan Cloud Computing

  1. Bergantung pada koneksi internet
  2. Harus cari vendor yang sudah standarisasi untuk menjamin keamanan

Penerapan Cloud Computing

Cloud Computing yang kini mulai menambah diberbagai aspek, salah satunya mulai diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Cloud Computng memungkinkan perguruan tinggi memotong biaya pembelian hardware dan software serta menghemat biaya pengeluaran untuk merekrut tenaga IT. Kampus hanya perlu membayar per bulan sesuai penggunaan dan memperloeh layanan back up data dan update software secara otomatis tanpa biaya tambahan.

Nah, salah satu Sistem Informasi Akademik yang sudah menerapkan Cloud Computing adalah SIAKAD CLoud. SIAKAD Cloud menjamin keamanan dan kerahasian data yang disimoan di server dan telah menerapkan teknologi Disaster Recovery Center yang akan menjamin keamanan data saat kejadian yang tidak diinginkan kampus. SIAKAD Cloud enjadi solusi sistem informasi akademik zaman now.
Please write your comments