Inilah Beberapa Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop! Jangan Keliru Yaa? - Seputar Tekno

Inilah Beberapa Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop! Jangan Keliru Yaa?

Inilah Beberapa Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop! Jangan Keliru Yaa?
Saturday, September 14, 2019

Semakin pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi, Komputer jinjing saat ini terbagi kedalam beberapa jenis dengan nama yang berbeda pula seperti Notebook, Netbook, dan Laptop.

Jika dipelajari lebih dalam, sebenarnya ada beberapa aspek mendasar yang membedakan antara Notebook, Netbook, dan Laptop.

Namun, karena ketiganya memiliki bentuk dan tampilan yang serupa, akhirnya banyak yang keliru dengan istilah penyebutannya.

Daripada nambah bingung, disini saya akan menjelaskan perbedaan antara ketiga perangkat tersebut,

1. Perbedaan Ukuran layar







Netbook sendiri merupakan perangkat komputer jinjing yang memiliki ukuran bodi paling kecil jika dibandingkan dengan keduanya.

Perangkat netbook biasanya dibekali layar minimalis berukuran sekitar 6 hingga 13 inci. Sementara itu, untuk perangkat Notebook sendiri memiliki ukuran layar yang lebih besar daripada Netbook yaitu berkisar antara 13 hingga 18 inci.

Selanjutnya ada perangkat Laptop yang tentunya memiliki ukuran yang lebih besar yaitu dari 17 inci serta lebih tebal ukurannya. Layarnya yang besar membuat banyak orang lebih memilih laptop buat mendukung pekerjaannya. Terlebih saat ini laptop juga hadir dalam berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, seperti laptop gaming ataupun laptop esain grafis.

2. Perbedaan Spesifikasi


Netbook merupakan perangkat yang memiliki spesifikasi yang paling rendah. Selain itu, perangkat netbook juga biasanya menggunakan prosessor kelas menengah ke bawah yang memiliki performa nggak terlalu tinggi,

Disektor RAM juga perangkat netbook ini biasanya dibekali dengan kapasitas yang nggak lebih dari 2GB serta kartu pengolah grafis yang kurang bagus.

Selain iu, Notebook juga umumnya mengadopsi kartu grafis dari kelas menengah, seperti intel HD, AMD Radeon, ataupun NVidia GT 830. Sedangkan perangkat Laptop umunya mengadopsi spesifikasi yang hampir sama dengan notebook atau bahkan lebih tinggi.

3.Perbedaan Berat


Jika dari segi layar saja ketiganya memiliki perbedaaan masing-masing, maka hal itu jugan akan berpengaruh pada bobotnya. Selain memiliki ukuran bodi paling mungil, perangkat netbook juga umumnya memiliki bobot yang paling ringan diantara keduanya. Sementara buat Notebook sendiri memiliki bobot yang sedikit lebih berat sekitar 1,5 Kg hingga 2 Kg.

Berbeda dengan kedua perangkat komputer jinjing sebelumnya, laptop tentunya memiliki bobot yang lebih berat yaitu sekitar 2 Kg. Namun, di zaman yang canggih ini rasanya akan terasa sulit jika berat dijadikan acuan buat membedakaan netbook, notebook, dan laptop.


Berikut tabel perbedaan antara Netbook, Notebook, dan Laptop:



Nah, itulah perbedaan Netbook, Notebook, dan Laptop dari segi ukuran layar, spesifikasi dan bobot perangkatnya.

Tapi, ketiga hal itu tidak dapat dijadikan acuan untuk membedakan ketiga perangkat tersebut. Karena seperti yang kita tahu di zaman yang canggih dan modern ini banyak komputer jinjing yang memilki spesifikasi canggih meskipun ukuran layar kecil dan bobotnya pun juga ringan.

sekian artikel dari saya, apabila kamu memiliki perbedaan yang lain, silahkan memberitahukannya melalui kolom komentar. Semoga Bermanfaat :)
Please write your comments